Jumat, 18 Februari 2011

Apakah blankon sama dengan iket,.....?

Blankon (atau bendo bagi orang sunda) merupakan penutup kepala yang merupakan unsur kebudayaan dari masyarakat jawa. Pertanyaannya,.......jika memang iket merupakan penutup kelapa bagi masyarakat di pulau jawa,...trus apa pula itu balankon atau bendo ?.......

Disini perlu digaris bawahi,.........iket adalah nama dari kain yang berm,otif batik dan digunakan untuk menutup kepala, sedangkan blankon atau bendo adalah salah satu model dari lipatan iket,.......hanya saja dalam blankon atau bendo tersebut iket telah terpasang permanen dan tidak bisa dirubah-rubah (seperti halnya topi). Jadi kita tidak perlu repot-repot memasang simpul kesana kemari,....tinggal pake jadi iket model blankon.

Pada mulanya, bentuk blankon atau bendo tidaklah permanen seperti topi. Jaman dahulu sama seperti iket lainnya, blankon juga harus di tali simpul kesana kemari,....hanya seiring dengan perkembangan jaman maka terlahirlah sebuah model yang langsung jadi tanpa harus repot-repot kita membuat simpul iket,......

contoh iket yang di tali model blankon :


contoh blankon tipe jawa tengah :

 tipe blangkon masyarakat sunda (bendo) :



contoh orang jaman dulu yang menggunakan simpul tali iket model balankon :

Jumat, 11 Februari 2011

media yang berperan mempopulerkan iket,.....

klo kata ane,......khususnya di bandung,......orang skarang pada gak malu pake iket ke mol,.....soele skarang banyak yang mempopulerkan iket,......misal tv, film layar lebar,....grup musik,....hingga ke komunitas,......








jadi,.....ayo pake iket,.......nggak usah malu,....kerena sekarang yang pake iket itu gaul,......!!!!!

Iket tempo doeloe,.......dan sekarang,......

nih ane punya gambar2 model iket tempo doeloe,.....
trus klo yang ini model yang suka di pake sekarang,...




khan tetep terlihat gaul,.....gaya,....ama ganteng,......


nah klo itu ane numpang narsis,...hehehe,....
anak-anak aja jadi tambah lucu,.....hehehe,....

Cara Memakai Iket Gaya Sunda

hehe,....sebelumnya maap ni ama agan-agan, kenepa postingan ini ane pake iket gaya sunda. jawabannya simpel ane sendiri ya orang sunda asli,.....(hehe,......sedikit narsis,.....)......Tp sebelom lanjut, ane mo tegasin klo sebenarnya iket ntu bukan cuma budaya oerang sunda aja,......ya iket itu budaya nusantara,.......(,.....hah kok nusantara, brarti yang bukan oerang sunda pun ada yang pake iket,.....),....hehe,.....Sebenarnya budaya iket tersebar di seluruh nuantara, ada oranng jawa yang kemudian berkembang jadi blankon,....ada orang sunda yang berkembnag jadi bendo,....bahkan minang, nias ampe makasar pun pake iket,.....buktinya di pakaian adat mereka kepalanya juga dibungkus,....maksudnya pake kain yang bukan topi,....

hehe,.....ane mo tuker pikiran aja,......yang namanye iket itu khan tidak harus batik,.....pokoke yang ngiket kepala pake kaen menurut ane itu namanya iket,.....hehehe,....(kite sharing aja,....kalo-kalo pendapet ane salah mohon dibetulan,...tp musti pake alesannye,.....),...

kebanyakan iket atau penutup kepala dari kain merupakan bagian dari kelengkapan sehari-hari pria di nusantara khususnya yang ane jelasin di sisni pria di pulau jawa.  Penggunaan iket bagi pria akil balik menjadi keharusan karena dipercaya melindungi mereka dari roh-roh jahat, selain untuk fungsi-fungsi praktis seperti wadah /pembungkus, selimut, bantalan untuk mengangkut beban di kepala dlsb.

Iket ini dibuat dari kain batik (klo di pulo jawa) segi empat yang dilipat sedemikian rupa menjadi model-model khas.  Terdapat perbedaan model iket untuk di Jawa Barat dan Jawa Tengah.  Dalam artikel ini kita mencoba membuat model-model iket Sunda.  Model-model iket ini diberi nama-nama seperti barangbang semplak, parekos, atau porteng.
a. kain batik dilipat bentuk segi tiga, ujungnya digeser sedikit untuk spasi
b. dasar segitiga digulung beberapa kali secukupnya
c. tempatkan dasar segitiga di bagian dahi
d. rapikan pinggirnyae. merapikan bagian belakang
f. buat setengah simpul lalu kedua ujung nya ditarik ke depan lagi
g. ujung kiri ditempatkan dibawah ujung kanan, lalu diselipkan dibagian atasnya
h. hasil akhir!
i. model barangbang alias ala si ‘Cepot’
j. model barangbang ‘nyengklik’
k. model ‘jawara’
l. tampak belakang model ‘jawara’
Kebudayaan khas ini bisa saja digabungkan dengan busana ala barat yang trendi, gothic, atau nge-rock, malah penggunaan iket ini bisa menjadi ciri khas yang membuat anda tampil lebih individual dan berbeda.  Pokonamah budaya iket musti jadi trend kaya batik,.........pan identitas kita,.....ntar ane tunjukin deh iket bisa jadi keren kok buat mode,....contohnya ya cewek di foto yang ada di title blog ini,.....hehe,...pan tetep gaya,...cuantik,..dan modis,... OK… salam iket!!